HUBUNGAN KEPERCAYAAN DAN KEJUJURAN DALAM KEHIDUPAN

Posted by jhotte blank Rabu, 22 Mei 2013 0 komentar

Kepercayaan dan Kejujuran memiliki hubungan timbal balik  yang sangat erat dan saling berkaitan satu dengan yang lain. Jika kita berkata dan berprilaku jujur terhadap seseorang, maka kita akan mendapatkan kepercayaan dari orang yang bersangkutan.

Terasa sia-sia saja jika kita berkata jujur tapi tidak dipercaya. Hal itu dikarenakan sudah tidak ada lagi kepercayaan dalam diri seseorang pada kita. Dan sebaliknya, sudah tidak ada pula kejujuran dari kita yang akan sangat sulit untuk dapat membentuk kepercayaan orang lain terhadap kita. Jika satu kali saja kita pernah berkata dan berlaku tidak jujur, maka kita telah menanam rasa ketidakpercayaan dari seseorang pada diri kita sendiri. Inilah yang dikatakan hubungan timbal balik antara kepercayaan dan kejujuran. 
Disetiap langkah dalam hidup kita, sebaiknya kita harus membiasakan diri untuk selalu menyertakan kejujuran dalam menempuhnya. Mengapa demikian? Karena dengan adanya kejujuran dalam hidup, maka terbentuklah suatu rasa percaya, dan dengan rasa percaya itu juga maka kita semakin lebih bisa membangun integritas diri yang lebih baik. Kepercayaan juga merupakan satu kunci utama dalam sebuah keberhasilan, dan keberhasilan itu dapat dicapai dalam konteks karir, keluarga, percintaan, dan juga konteks-konteks umum lainnya.

Seperti yang sudah saya paparkan di atas bahwa akan sangat sulit bagi kita untuk mendapatkan kepercayaan dari seseorang apabila kita pernah bertindak ataupun berkata tidak jujur pada mereka. Disaat seperti itu, akan sangat dibutuhkan usaha yang ekstra keras untuk kembali mendapatkan kepercayaan dari seseorang untuk diri kita.

Sebagian orang mungkin berpikiran bahwa kejujuran itu merupakan hal yang tidak diperlukan dan dihiraukan. Namun, sebenarnya kejujuran itu dasar yang sangat penting bagi kita untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan kehidupan di sekitar kita.

Disini saya akan memberikan sebuah ilustrasi sederhana tentang hubungan kepercayaan dan kejujuran dalam karir seseorang sebagai bawahan di sebuah perusahaan. Misalnya saja, seorang manager meminta bawahannya untuk mengganti perlengkapan perusahaan yang sudah kadaluarsa. Manager itu memberikan kepercayaan penuh pada karyawannya dalam mengelola dana yang dialokasikan untuk pembelian perlengkapan perusahaan yang sudah kadaluarsa itu. Saat melakukan transaksi mulai dari pencairan dana sampai pembelian perlengkapan perusahaan tersebut, ternyata masih ada banyak dana yang tersisa dari hasil pembelian. Saat mengetahui bahwa dana yang tersisa memiliki jumlah yang besar, karyawan itupun mulai tergoda dan berpikiran serta melakukan pemalsuan bukti-bukti pembelian dengan menambahkan nominal uang pada setiap pembelian barang. Ia berpikir bahwa managernya itu tidak akan pernah tahu apa yang dilakukannya ini. Justru ternyata sebaliknya, manager tersebut sebenarnya hanya ingin mencobai karyawan itu dan iapun ketahuan telah memalsukan bukti-bukti pembelian demi meraup keuntungan dari sisa hasil pembelian. Karwayan ini akhirnya dipecat secara tidak hormat karena telah merugikan perusahaan tempat ia bekerja itu.

Dari ilustrasi singkat diatas, seharusnya kita sadar bahwa kejujuran itu tidak pernah membawa musibah bagi diri kita. Namun sebaliknya, kejujuran itu justru memberikan sebuah hasil positif bagi diri kita yaitu kepercayaan orang yang kuat untuk diri kita dan akan sangat membantu kita juga dalam kehidupan kita sekarang dan nanti.

Kejujuran dan Kepercayaan dalam Hidup itu diibaratkan seperti pohon dan  air. Pohon merupakan kehidupan, air merupakan kejujuran dan keindahan dari pohon tersebut merupakan kepercayaan. Tanpa air, pohon tidak akan tumbuh sempurna dan akirnya iapun kering dan mati. Tetapi jika pohon itu memiliki air yang cukup maka pohon itu akan tumbuh subur dan indah.

Setelah kita mengetahui Hubungan Kepercayaan dan Kejujuran dalam Kehidupan, maka sebaiknya kita lebih berhati-hati dalam menentukan pilihan kita. Saran dari saya, sebaiknya kita lebih memilih untuk berkata dan berprilaku jujur dalam hal apapun karena pada hakekatnya kejujuran merupakan suatu hal yang baik dan lagipula kejujuran itu tidak pernah salah.


Aktiflah Dalam Berkomentar. Jangan Hanya Diam dan Menyaksikan

Description: HUBUNGAN KEPERCAYAAN DAN KEJUJURAN DALAM KEHIDUPAN Rating: 4.5 Reviewer: jhotte blank - ItemReviewed: HUBUNGAN KEPERCAYAAN DAN KEJUJURAN DALAM KEHIDUPAN
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: HUBUNGAN KEPERCAYAAN DAN KEJUJURAN DALAM KEHIDUPAN
Ditulis oleh jhotte blank
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://jhotteblank.blogspot.com/2013/05/hubungan-kepercayaan-dan-kejujuran.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar :

Poskan Komentar

Total Post dan Komentar

Komentar Terbaru

Pembaca

My Facebook

Jhotte BLank Kmc